News Update :
Home » , , » Reset Canon MP258 - The Ink Absorber is Full

Reset Canon MP258 - The Ink Absorber is Full

Penulis : Luqman Ibnu Climber on Tuesday, October 2, 2012 | 12:25 AM

Pernahkah Anda mendapati pesan The Ink Absorber is Full , ketika akan mencetak dengan Printer Canon ?? Seperti gambar di bawah ini
Saya yakin pasti ada yang pernah.


Tidak usah panik :-), ini adalah hal yang wajar bagi para pengguna Canon.
Pesan error tersebut terjadi karena bantalan/busa tempat pembuangan tinta sudah penuh. Kalo belum parah si printer masih bisa mencetak dengan menyuruh Anda menekan tombol Start pada printer. Tapi kalo sudah parah dia tidak bakalan mau disuruh ngeprint.

Anda bisa membawanya ke tukang service, paling cuma 20 ribu, :-D :-D.
Tapi sebenernya Anda bisa melakukannya sendiri kok. Yah, yang perlu Anda lakukan adalah reset. Supaya bantalan/busa tempat pembuangan tinta tidak terdeteksi penuh lagi.

Dan yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membersihkan bantalan/busa tempat pembuangan tinta terlebih dahulu baru melakukan reset. Percuma saja kalau Anda reset, Anda merasa gak ada masalah eh tetapi ternyata di dalam ada yang kebanjiran , hahahaha. Solusinya adalah sambungkan jalur pembuangan ke luar body printer. Seperti yang dilakukan oleh para tukang infus printer, seperti gambar di bawah ini nih.




Tujuannya adalah supaya tidak ada kebanjiran di dalam printer. Meskipun sudah pake pembuangan ke luar body printer pun kadang masih mengalami pesan The Ink Absorber is Full, tapi setidaknya printer kita tidak kebanjiran.

Nah, kalo sudah terlanjur mendapati pesan The Ink Absorber is Full, langkah yang harus kita lakukan adalah reset, caranya cukup simple :


1. Masuk ke "Service Mode" pada printer Anda. Untuk Canon MP258 caranya :
  • Printer dalam keadaan mati, kabel power/listrik terpasang.
  • Tekan tombol Stop/Reset dan tahan.
  • Kemudian tekan tombol Power(On/Off) dan tahan.
  • Tombol Power masih ditekan, lepaskan tombol Start/Reset.
  • Tombol Power masih ditekan, kemudian tekan tombol Start/Reset 2 kali berturut-turut.
  • Lepas tombol Power dan Start/Reset.
  • Printer akn melakukan proses dan LCD Panel menujukkan angka 0 (nol).
  • Printer berhasil masuk ke Service Mode.
  • Komputer akan medeteksi printer sebagai "New hardware/Device".
 
2. Buka software Resetter (download here - 146 KB).
  • Klik pada Main
  • Tunggu printer berproses hingga mendapatkan pesan A function was finished.
 
  • Dan printer akan mencetak dokumen dengan tulisan D=000.0.
 
  • Lalu klik pada EEPROM Clear.
 
  •  Tunggu printer berproses hingga mendapatkan pesan A function was finished.
  • Selesai. Tutup software resetter.
3. Matikan printer dengan menekan tombol Power. Lalu hidupkan kembali dalam Normal Mode. Printer sudah kembali siap digunakan.


Satu hal lagi yang sering kita jumpai sebagai pengguna printer Canon infusan, yakni tidak berfungsinya sensor pendeteksi level tinta/ink. Printer akan menyuruh kita untuk mengganti cartridge dengan yang baru, dan sebenernya cartridge tersebut masih dapat berfungsi normal, cuman dengan men-disabled/mematikan sensor pendeteksi level tinta/ink tersebut. Cara, ketika warning/peringatan tersebut (seperti gambar ini ni) muncul, tekan tombol "Stop/Reset" pada printer selama minimal 5 detik.


Semoga bermanfaat.
Jangan lupa komentarnya ^-^.
Share this article :

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © 2012-2013. Ibnu Climber . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger